Sabtu, 16 Januari 2016

Belajar Text Arab Jawi Melayu - Tata Cara/Kaedah Arab Jawi


Setelah beberapa bulan saya disibukkan dengan beberapa kesibukan serta menyempatkan diri mempelajari kode membuat aplikasi dengan VBA excel/Macro secara otodidak melalui media internet. apa yang saya pelajari secara otodidak tentang VBA Excel/Macro sudah saya sajikan pada katagori VBA Exce dan UserForm. 

Posting pada kesempatan ini, Kembali pada asal, yang merupakan habitat kehidupan empunya situs blog ini yaitu sedikit menyajikan beberapa posting tentang Arab Jawi yang dikenal juga Aksara Pegon. Hasil baca-baca dari beberapa situs saya menyimpulkan beberapa kesimpulan yang saya sajikan disini, tentang Aturan ataupun Kaedah-kaedah membaca Arab Jawi. Simak baik-baik ..!! dan mungkin bisa menjadi bahan untuk anda yang sedang mempelajari Arab Jawi.

Baca Juga : 

Aksara yang digunakan dalam Arab Jawi merupakan haruf hijayyah. Pasti udah kenal dong...!! Huruf hijayyah yang dari masa kecil kita pelajari Al-Qur'an. Jadi huruf hijayyah tidak lagi saya sebutkan disini. Untuk melengkapi pengucapan huruf yang ada dalam bahasa rumpun Melayu maka perlu diketahui bahwa dalam Arab Jawi terdapat beberapa huruf hijayyah yang dimodifikasi (Tambahan sejumlah titik pada huruf yang ada). Perhatikan huruf yang dimodifikasi berikut ini :
HURUF JAWIBACACONTOH DALAM KALIMATBACA
‌‌ڠNgaيڠ مڠسهانىYang Mengasihani
چChaممباچMembaca
ڤPaادڤون تمڤتAdapun Tempat
ڽNyaکيريڽKirinya
ݢGaسݢل بݢينSegala Bagian
Untuk contoh lainnya anda dapat tulusuri di beberapa posting berikut ini :
1. Belajar Arab Jawi - Fardhu dan Kesempurnaan Iman
2. Belajar Arab Jawi - Rukun Iman Mujmal dan Mufashal
3. Belajar Text Arab Jawi - Iman, Islam, Tauhid dan Ma'rifat
4. Belajar Text Arab Jawi Melayu - Rukun Islam
Ini merupakan Kaedah Dasar yang harus dikuasai untuk melengkapi pengucapan. Masih banyak Kaedah dan Aturan lainnya yang akan saya sajikan pada Posting Mendatang. Demikian Sekilas Tentang Tata Cara/Kaedah Arab Jawi, untuk Posting Belajar Text Arab Jawi Melayu - Tata Cara/Kaedah Arab Jawi. Untuk selanjutnya semoga saya diberikan kesehatan untuk dapat menulis Kaedah lain tentang Arab Jawi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar