Selasa, 24 Maret 2015

Belajar Arab Jawi - Arti اَوَّلُ الدِّيْن


Pada umumnya Tempat Pengajian (Balee Beut), dan Dayah di Aceh terus mengajarkan Arab Jawi pada santrinya. Kelebihan dari Arab Jawi ini mudah untuk di baca dan mudah juga untuk di pahami. Sehingga pada tingkat dasar pengetahuan untuk santri lebih mudah di dapatkan melalui belajar dengan Kitab Arab Jawi. Santri yang sudah dapat mengenal huruf Hijayyah dan mampu membaca Al-Quran dengan mudah dapat mempelajari dan membaca Arab Jawi.

Kitab Arab Jawi yang paling banyak di pelajari di Aceh antara lain : Kitab Masailal Mubtadi, Akhlak, Tajwid, Sejarah Nabi, Bidayatul Mubtadi, Perukunan Melayu, Yawaqid Wal jawahir, dan masih banyak lainnya yang merupakan kitab karangan Ulama Mazhab Syafi'i. Kitab Sirussalikin yang paling masyhur dan sering di pelajari di pengajian-pengajian di Aceh.

Arab Jawi berikut merupakan isi dari kitab Masailal Mubtadi yang saya kutip untuk belajar membaca text Arab Jawi dan pengetahuan yang di sajikan dalam kitab tersebut.

سؤال جيك كيت دتچائي اورڠ : افا ارتى اَوَّلُ الدِّيْن ايت ؟
جواب  بهوا ارتى اَوَّلُ الدِّيْن ايت معرفة الله
سؤال  جيك كيت دتچائى اورڠ افا اصل معرفة ايت ؟

جواب  بهو اصل معرفة ايت بوليه ممبداكن انتار محدث دان قديم دارى کرن حقيقة ممکن الوجود ايت محدث دان حقيقة واجب الوجد ايت قديم مك تياد برسماءن كدواڽ دان تياد برهمفون کدواڽ

Cara bacanya sebagai berikut :
Soal " Jika kita di tanyai orang : apa arti Awwaluddin Itu  ? "
Jawab " Bahwa Arti Awwaluddin itu Ma'rifatullah"
Soal " Jika kita di tanyai orang apa asal ma'rifat itu ?
Jawab " Bahwa Asal Ma'rifat itu boleh membedakan antara mukhdist dan qadim dari karena hakikat mungkin wujud itu muhdist dan hakikat wajib wujud itu qadim maka tiasa bersamaan keduanya dan tiada berhimpun keduanya"

Mudah Bukan... ?? bagi anda yang ingin mempelajari Arab Jawi sering-seringlah membacanya agar setiap kata dan kalimatnya dapat anda ingat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar