Rabu, 23 Desember 2015

Peringatan "Aktifkan Macro Security" VBA Excel


Perhatikan gambar format gif diatas..!! Aplikasi Data tidak bisa menjalankan fungsinya dikarenakan pada pengaturan Excel Macro Security belum di aktifkan. UserForm tidak muncul, Sheet yang terlihat hanya sheet "PERINGATAN". Secara bawaan Microsoft Excel saat di instal macro security memang tidak aktif. Untuk menjalankan Aplikasi yang dibuat dengan menggunakan VBA Excel memang wajib mengaktifkan macro security. Kita akan membuat sebuah peringatan untuk pengguna aplikasi agar mengaktifkan macro Security agar aplikasi berjalan dengan baik. ikuti langkah-langkah yang saya sajikan di blog tercinta ini. File yang saya gunakan merupakan file Aplikasi Data yang dapat di download di posting Tombol Simpan VBA Excel yang merupakan tahap awal pembuatan Aplikasi Data yang saya gunakan dalam posting ini.

Langkah-langkah membuat Peringatan "Aktifkan Macro Security" VBA Excel :
  • Buka file Aplikasi Data buatlah sebuat sheet dengan nama sheet "PERINGATAN" dan tulislah kalimat peringatan. Perhatikan gambar dibawah ini.
  • Tahap selanjutnya klik Developer, pilih Visual Basic. Pada Project Explorer double klik "ThisWorkBook hingga muncul jendela kode. perhatikan gambar dibawah kode. Masukkan kode dibawah ini sesuai dengan gambar.
Private Const Sht As String = "PERINGATAN"
Dim Ws As Worksheet


On Error Resume Next
For Each Ws In Worksheets
If Ws.Name <> Sht Then Ws.Visible = xlSheetVisible
If Ws.Name = "PERINGATAN" Then Ws.Visible = xlSheetVeryHidden
Next Ws


Sub Workbook_BeforeClose(Cancel As Boolean)
On Error Resume Next
Application.DisplayAlerts = False
Application.Visible = True
Worksheets(Sht).Visible = xlSheetVisible
For Each Ws In Worksheets
If Ws.Name <> Sht Then Ws.Visible = xlSheetVeryHidden
Next Ws
ActiveWorkbook.Save
Application.Quit
End Sub

  • Selesai..!! Penjelesan kode tidak ada. Yang penting letakkan kode sesuai posisi gambar di atas. begitulah caranya belajar otodidak. Praktekkan saja tanpa banyak tanya. "Do more Talk Less"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar