Senin, 14 Desember 2015

Range Dinamis

Kesempatan ini saya akan berbagi cara membuat range dinamis. Disini saya rasa bagi kita yang belajar otodidak copy dan copas ajha. dan ikuti saya aplikasi yang sudah pernah kita buat pada posting Tombol Simpan VBA Excel. Pada File terdahulu kita sudah membuat tabel dan isi tabel yang kita input dengan menggunakan UserForm dengan fungsi Tombol Simpan. berikut cara membuat range dinamis yang akan kita gunakan untuk keperluan tertentu dalam rancangan UserForm kemudian hari, seperti penggunaan range dinamis pada ListBox untuk menampilkan data yang telah di simpan.
Langkah-langkah membuat range dinamis
  • Buka File Excel yang telah kita buat pada posting Tombol Simpan VBA Excel Blok tabel yang akan digunakan sebagai range
  • Klik kanan dan pilih Name Range seperti pada gambar dibawah ini 



  • Selanjutkannya akan muncul kotak dialaog New Name dan Ubah Name jadi "ListDB" dan ubah Refers To  menjadi range dinamis berikut dan perhatikan gambar 
=OFFSET(DB!$A$2;0;0;COUNTA(DB!$E:$E);5)

  • Ikuti saja, seperti pada gambar, untuk penjelasan detail saya sendiri tidak paham. Karena saya hanya mengunakan logika asal bisa berfungsi.
Demikian cara membuat range dinamis yang akan kita gunakan untuk ListBox yang akan saya jelaskan berikutnya. Semoga bermanfaat bagi kita yang belajar Otodidak..!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar