Rabu, 23 Desember 2015

Perintah Print Preview Melalui UserForm VBA Excel


Print Preview diperlukan sebelum sebuah dokument di print untuk melihat kesesuian tata letak, mengatur jumlah print dan mengatur pilihan paper yang di gunakan agar menghasilkan dokument yang di print lebih baik.

Perintah Print Preview Melalui UserForm VBA Excel akan kita bahas secara singkat, karena memang kodenya amat singkat. ikuti saja langkah-langkah yang akan saya paparkan dalam posting ini. Sebelumnya perlu diketahui bahwa posting ini masih kelanjutan Aplikasi Data. Aplikasi Data dapat di download di posting "Tomboh Simpan VBA Excel" yang merupakan posting pertama menyangkut File yang saya gunakan dalam beberapa posting membuat Aplikasi Data.

Langkah-langkah membuat Perintah Print Preview Melalui UserForm VBA Excel :
  • Buka Visual Basic file Aplikasi Data
  • Tambahkan pada UserForm 1 buah Label, selanjutnya ubah namenya menjadi "LbPrint" dengan Caption "PRINT", download icon print untuk memperindah Aplikasi Data. Perhatikan gambar dibawah 
  • Klik kanan "LbPrint" pilih View Code dan letakkan kode dibawah ini. Perhatikan gambar dibawah kode
Private Sub LbPrint_Click()
'Print Preview Dari Userform
Dim Ws As Worksheet: Set Ws = Sheets("DB")
UserForm1.Hide
Application.Visible = True
Ws.Activate
Ws.PrintPreview
Application.Visible = False
UserForm1.Show
End Sub
  • Selesai..!! Uji Aplikasi Data yang telah anda buat perintah print preview dengan menekan F5. Jika anda telah menempatkan Kode nya dengan tepat makan Aplikasi Data untuk perintah Print Preview akan berfungsi dengan semestinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar